Langsung ke konten utama

Belajar autocad

Belajar Sedikit Tentang Penggambaran AutoCad

EDITING 2D
PERINTAH EDIT GAMBAR
                Dalam proses pembuatan gambar AutoCAD, sering kali di jumpai kesalahan-kesalahan yang mungkin tidak disengaja oleh karena itu AutoAD menyediakan fasilitas pengeditan gambar yang bisa di ambil melalui menu Modify. Perintah tersebut bisa di ambil dari menu bar atau di ketik langsung melalui keyboard.

     1.       ERASE
      Erase adalah perintah untuk menghapus satu atau sekumpulan obyek yang telah dibuat.
     2.       COPY
      Copy adalah perintah untuk memperbanyak obyek atau menyalin satu/ sekumpulan obyek.
     3.       MIRROR
      Mirror adalah perintah untuk mencerminkan satu atau sekumpulan obyek, yaitu membuat obyek yang           baru yang sama dengan obyek yang dipilih tetapi posisinya terbalik. Cara pembuatannya adalah dengan         membuat dua titik dilayar sebagai sumbunya ( cermin ). Posisi obyek yang baru tergantung dari posisi             cermin tersebut.
     4.       OFFSET
      Offset adalah perintah untuk menyalin obyek secara pararel. Selain bisa dimasukkan langsung jarak               offsetnya, bisa juga dilakukan dengan cara menunjuk langsung di layar.
     5.       ARRAY
      Array adalah perintah untuk menyalin atau memperbanyak  secara massal dengan pola atau susunan yang        teratur. Adapun Array ada dua jenis, yaitu Array Rectangular ( pola grid ) dan Array Polar ( pola                  melingkar ).
       6.      MOVE
       Move adalah perintah untuk memindahkan suatu obyek atau sekumpulan obyek dari suatu tempat ke            tempat lain.
      7.       ROTATE
      Rotate adalah perintah untuk memutar satu atau sekumpulan obyek dengan cara menentukan titik acuan (       base point ) sebagai sumbu putar, sedangkan sudut putarnya bisa ditentukan dengan memasukkan angka       melalui keyboard atau diklik langsung di layar.
      8.       SCALE
      Scale adalah perintah untuk mengubah ukuran satu atau sekumpulan obyek ( memperbesar maupun               memperkecil ) secara beraturan, dengan cara menentukan faktor skala. Apabila skala lebih besar dari 1 (       satu ), maka obyek akan diperbesar, tetapi apabila kurang dari 1 ( satu ) maka obyek akan di perkecil.
     9.       STRETCH
     Stretch adalah perintah untuk mengubah sebagian dari obyek, baik memperbesar atau memperkecil.              Adapun metoda yang digunakan untuk memilih obyek tersebut adalah crossing.
     10.   LENGTHEN
     Lengthen adalah perintah untuk mengubah panjang garis atau busur. Ada beberapa metoda perubahan          panjang, apakah delta panjang, panjang total, presentasi perubahan panjang maupun perubahan panjang        secara dinamik.
    11.   TRIM
     Trim adalah perintah untuk memotong obyek dengan menggunakan obyek pembatas.
     12.   EXTEND
     Extend adalah perintah untuk memperpanjang obyek dengan menggunakan obyek pembatas. Adapun            yang dimaksud dengan pembatas tersebut adalah obyek yang memiliki potensi untuk berpotongan dengan      obyek yang akan diperpanjang.
     13.   BREAK
     Break adalah perintah untuk memotong obyek tanpa obyek pembatas atau untuk memotong obyek yang      berada di antara dua titik yang ditentukan.
    14.   CHAMFER
    Chamfer adalah perintah untuk memangkas sudut atau untuk menghubungkan dua garis dengan garis lurus      baru yang mempunyai kemiringan tertentu.
    15.   FILLET
     Fillet adalah perintah untuk melengkungkan sudut atau untuk menghubungkan ujung-ujung dari dua buah        obyek dengan sebuah busur.


V.1.  Menghapus Objek
 Untuk menghapus dapat dilakukan dengan beberapa perintah berikut :
A.      Erase (E)
Command: e
ERASE
Select objects: klik L1
Select objects: enter
B.      Trim (tr)
Command: trim
Current settings: projection=UCS, Edge=None
Select cutting edges … select objects:
Enter
Select object to trim or shift-select to extend or
[Project/Edge/Undo]: klik P1
Select object to trim or shift-select to extend or
[Project/Edge/Undo]: klik P2
Select object to trim or shift-select to extend or
[Project/Edge/Undo]: Enter
C.      Break (Br)
Command: break
Select object: klik P1
Specif second break print or [First point]: klik P2

V.2.     Oops
Oops adalah perintah untuk membatalkan perintah penghapusan yang dilakukan terakhir kali.

V.3.     Menduplikasikan Objek
Dapat dilakukan dengan:
a.       Perintah copy (cp)
Contoh:
Perhatikan gambar (sebelum) di bawah ini, lingkaran akan dicopy secara tunggal ke sisi lain persegi, hasilnya lihat gambar (sesudah).
Command: cp
COPY
Select objects: 1 found
Select objects: klik lingkaran
Specify base print or displacement, or [Multipe]: <klik
P1>specify second point of <klik P2>
Displacement or <use first point as displacement>:
b.      Perintah offset
Perintah offset adalah perintah untuk memperbanyak objek garis, busur, lingkaran secara pararel
Contoh 1 :
Gambar sebuah lingkaran akan di offset dengan jarak 1 unit
Command: offset
Specify offset distance or [Through]<Through>: 1
Select object to offset or< exit>: klik P1
Specify point on side to offset: klik P2
Select object to offset or <exit>:klik P1
Specify point on side to offset: klik P2
Select object to offset or< exit>: enter

Contoh 2 :
Sebuah lingkaran akan di offset melalui titik-titik tertentu, dalam hal ini lingkaran di offset melalui titik tengah garis atas kotak dan sudut kanan atas
Command: offset
Specify offset distance or [Through] <1.0000>: t
Select object to offset or <exit> : klik P1
Specify through point: klik P2
Select object to offset or <exit>: klik lingkaran
Specify through point: klik P3
Select object to offset or <exit>: Enter



V.4.  Rotate
Rotate (Ro) dilakukan untuk memutar objek searah atau berlawanan arah jarum jam dengan nilai sudut putar yang diberikan. Nilai sudut putar searahjarum jam diberikan negative dan sudut putur berlawanan arah jarum jam diberikan positif.
Contoh :
Command: ro
ROTATE
Current positive angle in UCS: ANGDIR= counterclockwise
ANGBASE=0
Select objects: klik kotak yang akan di rotasi 1 found
Select objects: Enter
Specify base point: klik sudut kanan bawah kotak
Specify rotation  angle or [Reference]: 30
Command:  ro
ROTATE
Current positive angle in UCS: ANGDANGBASE=0
R=counterclockwise
Select objects: klik kotak yang di rotasi 1 found
Select objects: Enter
Specify base point: klik sudut kanan bawah kotak
Specify rotation angle or [Reference]: -30

V.5.  Mirror
Mirror adalah proses pembuatan duplikasi objek dengan mencerminkan objek tersebut. Objek tercerminkan (asli) dapat dipertahankan atau tidak dipertahankan.
Contoh :
Command: mi MIRROR
Select objects: 1 found
Select objects:
Specify first point of mirror line: specify second point
Of mirror line:
Delete source objects? [Yes/No] <N>:

Khusus untuk text pencerminan dapat dilakukan pengaturan variabel sehingga text tidak ikut tercermin.
Contoh:

V.6.  Array
Perintah objek secara rangkap sekaligus. Ada dua cara yang dilakukan pertama secara baris dan kolom, yang kedua secara polar
Rectangular Array
Memperbanyak objek dengan pola kolom dan baris.
Polar Array
N objek dengan pola melingkar. Metode ini cukup mudah, selain memilih
Menggandakan objek, kita hanya menentukan titik pusat dan beberapa banyak jumlah objeknya. Untuk memastikan hasilnya, klik pada tombol preview. Bila sudah sesuai klik pada tombol KO

V.7.  Change
Dengan perintah change kita dapat melakukan penggantian berbagai property objek seperti warna, type garis, dll

V.8.  Extend
Jika kita ingin memperpanjang objek menuju garis atau bidang tertentu dapat dilakukan perintah extend.
Contoh:
Command: extend
Current setting: Projection=UCS, Edge=None
Select boundary edges
Select objects: (klik P1) 1 founds
Select objects: enter
Select object to extend or shift-select to trim or
[Project/Edge/Undo]: (klik P2)
Select object to extend or shift-select to trim
[Project/Edge/Undo]: (Enter)

V.10. Fillet
Untuk melengkungkan sudut dapat dilakukan dengan perintah:
        1.     Fillet (F) untuk mempertemukan garis baik secara lurus (L) maupun melengkung.
        Contoh:
                   Command: FILLET
                   Current settings:Mode=TRIM, Radius=0.5
                    Select first object or [polyline/Tadius/Trim]: select econd object:
        2.     Chamfer Pertemuan garis tegak lurus dan bersudut
          Contoh:

V.11.  Divide
Untuk membagi garis menjadi beberapa bagian yang sama dengan member tanda point dilakukan dengan perintah Divide. Agar tanda pembagian dapat terlihat pastikan point mode telah diatur sebelumnya.
Contoh :
Command: divide
Select object to divide:
Enter the number of segments or [Block]: 8

V.12.  Measure
Membagi garis dengan menetukan panjang pembagian
Contoh:
Command: measure
Select object to measure:
Specify length of segment or [Block]: 2

V.13. Undo (U)
Membatalkan perintah yang baru dilakukan.

V.14.  Redo
Membatalkan perintah undo yang terakhir.

V.15. Dist
Untuk mendapatkan ukuran atau jarak dari dua buah titik.

V.16. Move
Memindahkan objek dari posisi  semula ke posisi yang dikehendaki sesuai dengan kebutuhan
Command: m
MOVEselect objects: 1 found
Select objects: pilih A

Specify base point or displacement: Specify second point of displacement or <use first point as displacement>: tempatkan di B

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Harga Jasa Survey/Ukur Tanah di Makassar

Untuk info Hubungi 082188201882 (Ilho Team) Survey Tanah Terbagi dalam beberapa survey, dan survey itu sendiri di bedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan sifat dan maksud yang akan di tuju, antara lain 1. Survey soil     Survey ini meliputi pengujian serta             pengecekan kualitas, daya dukung, serta untuk kengetahui jenis batuan yang terdapat di dalam tanah tersebut. Survey soil berdasarkan tujuan yang ingin di ketahui dan metode yang di gunakan antara lain :    A. Pengujian sondir  Pengujian sondir biasanya dilakukan untu mengetahui daya dukung tanah asli sebelum merencanakan suatu bangunan atau suatu konstruksi agar dapat ditentukan jenis pondasi yang cocok untuk bangunan di atasnya. Untuk biaya pengujian sondir biasanya sekitar 1,5 -2,5 jt pertitik. B. Pengujian borlog   Biasanya digunakan untuk mengetahui jenis batuan yang terdapat didalam permukaan tanah dan daya dukung tanah yang ada di bawah permukaan tanah, biaya borlog biasanya dihitun

Pengukuran & pemasangan bowplank

Tujuan Umum :  1.  Memberi petunjuk kepada mahasiswa supaya mengetahui cara bouwplank pada pekerjaan suatu proyek dan mampu melaksanakan pekerjaan tersebut. 2. Memberi petunjuk kepada mahasiswa bahan-bahan dan alat-alat yang digunakan dan proses pemasangan bouplank dan mampu menyiapkan bahan dan alat tersebut dengan benar. 3. Memberi petunjuk kepada mahasiswa supaya mengetahui cara pemasangan bouwplank yang datar dan tidak miring.                   Tujuan Kkusus  :           1. Mahasiswa dapat melakukan pemasangan bowplank dengan  benar. 2. Mahasiswa dapat menggunakan bahan dan alat yang tersedia sesuai  dengan fungsinya. B.    BAHAN 1.    Kayu        : sebagai bahan utama yang digunakan untuk  bouwplank. 2.    Tali        : sebagai batas yang di kerjakan/sipat datar. C.    ALAT  1.    Gerobak         : alat yang digunakan untuk mengangkut bahan-bahan.                        2.    Palu                : alat memukul paku dan kayu                        3.    Paku               : al